Skip to main content

Program Games Sederhana Delphi

Halo sahabat bringinfo , udah bosan bikin program dekstop atau hitung menghitung pake delphi??? Oke sekarang saatnya menyuguhka tutorial cara membuat program game sederhana menggunakan delphi,,,

Game ini sangat lucu atau cupu yaa?? langsung saja ke KTP eh salah ke TKP,,(heheheee). Game ini terdiri dari empat tombol jebakan, lho!! hati-hati yaaa,,, untuk lebih jelasnya lihat form dibawah ini untuk memulai bikin programnya,,,,

clip_image002

Dan seperti biasa dalam tutorial delphi di bringinfo ini hanya memberikan screenshot program dan listingnya,, jika sahabat ingin bertanya, silahkan berkomentar ria,,,,,, Dan listingnya,,,,,,

unit  untGames; 

interface 

uses 
... 

type 
TForm1 = class(TForm) 
... 
procedure  Selesai; 
procedure  btnStartClick(Sender: TObject); 
procedure  Timer1Timer(Sender: TObject); 
procedure  btn1Click(Sender: TObject); 
procedure  btn2Click(Sender: TObject); 
procedure  btn3Click(Sender: TObject); 
procedure  btn4Click(Sender: TObject); 
procedure  edtNameKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char); 
procedure  Timer2Timer(Sender: TObject); 
procedure  Timer3Timer(Sender: TObject); 
private 
{ Private declarations } 
public 
Tukar, Score, Tanya : Integer; 
Blink : Boolean; 
{ Public declarations } 
end; 

var 
Form1: TForm1; 

implementation 

{$R *.dfm} 

procedure  TForm1.Selesai; 
begin 
Timer1.Enabled := False; 
btn1.Enabled := False; 
btn2.Enabled := False; 
btn3.Enabled := False; 
btn4.Enabled := False; 

edtName.Enabled := True; 
edtName.SetFocus; 

lblClick.Visible := False; 
end; 

procedure  TForm1.btnStartClick(Sender: TObject); 
begin 
Score := 0; 
Tukar := 0; 

lblClick.Visible := True; 
lblClick.Left := 16; 
lblBravo.Caption := ''; 
lblBravo.Visible := False; 
edtName.Enabled := False; 
edtName.Clear; 

Timer1.Enabled := True; 
btn1.Enabled := True; 
btn2.Enabled := True; 
btn3.Enabled := True; 
btn4.Enabled := True; 
lblScore.Caption := '0'; 
end; 

procedure  TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject); 
var 
CapTmp : String; 
begin 
CapTmp := btn1.Caption; 
btn1.Caption := btn2.Caption; 
btn2.Caption := btn3.Caption; 
btn3.caption := btn4.Caption; 
btn4.Caption := CapTmp; 
Inc(Tukar); 

if Tukar > 16 then 
Selesai; 
end; 

procedure  TForm1.btn1Click(Sender: TObject); 
begin 
if btn1.Caption = 'x' then 
Score := Score + 10 
else 
Score := Score - 5; 

lblScore.Caption := IntToStr(Score); 
end; 

procedure  TForm1.btn2Click(Sender: TObject); 
begin 
if btn2.Caption = 'x' then 
Score := Score + 10 
else 
Score := Score - 5; 

lblScore.Caption := IntToStr(Score); 
end; 

procedure  TForm1.btn3Click(Sender: TObject); 
begin 
if btn3.Caption = 'x' then 
Score := Score + 10 
else 
Score := Score - 5; 

lblScore.Caption := IntToStr(Score); 
end; 

procedure  TForm1.btn4Click(Sender: TObject); 
begin 
if btn4.Caption = 'x' then 
Score := Score + 10 
else 
Score := Score - 5; 

lblScore.Caption := IntToStr(Score); 
end; 

procedure  TForm1.edtNameKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char); 
begin 
if Key = #13 then 
begin 
lblBravo.Visible := True; 
if Score >= 50 then 
lblBravo.Caption := 'Bravooo... ' + edtName.Text 
else 
lblBravo.Caption := 'Not Lucky ' + edtName.Text; 

btnStart.SetFocus; 
end; 
end; 

procedure  TForm1.Timer2Timer(Sender: TObject); 
begin 
Blink := not Blink; 
if Blink then 
lblBravo.Font.Color := clRed 
else 
lblBravo.Font.Color := clBlue; 
end; 

procedure  TForm1.Timer3Timer(Sender: TObject); 
begin 
if lblClick.Left <= 230 then 
lblClick.Left := lblClick.Left + 1 
else 
lblClick.Left := 0; 
end; 

procedure  TForm1.btnExitClick(Sender: TObject); 
begin 
Tanya := Application.MessageBox('Are You Sure To Quit From This Program?', 
'Confirmation', MB_YESNO + MB_ICONQUESTION); 
if Tanya = 6 then 
begin 
Application.MessageBox('Thanx  So  Much...  For  Using  This  Program',  'Byee. . 
Byee..', MB_OK + MB_ICONINFORMATION); 
Application.Terminate; 
end; 
end; 

end. 





Bagaimana tutorialnya??? semoga bermanfaat yaa,,,,  amiinnnn,,,,,, 

Popular posts from this blog

REVIEW MOTHERBOARD JETWAY TI61M5

Motherboard untuk entertainment PC Dilengkapi dengan dua tembok perlindungan anti petir, Jetway TI61M8 hadir untuk kalangan perkantoran dan usaha kecil. Feature pengaman tersebut mengamankan network port dan chip LAN dari arus listrik berlebih. Sistem perlindungan tersebut bekerja dengan cara mengalihkan arus listrik berlebih ke ground wire. Dengan teknologi ini, Jetway TI61M8 mampu bertahan dari serangan petir hingga kekuatan 9000 volt. Jetway TI61M8 menggunakan chipset H61 yang menggunakan soket LGA 1155. Hal ini membuatnya mendukung penggunaan prosesor Sandy Bridge dan prosesor terbaru dari Intel, yaitu Ivy Bridge. Chipset H61 dikembangkan oleh Intel untuk tujuan multimedia dengan memanfaatkan keunggulan tampilan grafis Sandy Bridge, yaitu Intel HD 3000. Feature yang disematkan pada chipset H61 memang tidak selengkap chipset Z68, namun chipset tersebut sudah mencukupi kebutuhan perkantoran. Jetway TI61M8 mendukung penggunaan memory dengan clock hingga 1600 ...

Membuat Laporan Report Delphi

Dalam tutorial kali ini Bring Info akan menyajikan bagaimana cara membuat laporan atau report dalam delphi, Report/laporan merupakan bentuk print out dari data. Data yang dimaksud dapat berupa data keseluruhan dari suatu tabel atau data yang diperoleh dari suatu query pencarian. Berikut ini adalah pembahasan bagaimana membuat report dari suatu tabel maupun dari query. Perlu diketahui dalam tutorial kali ini adalah tutorial ringkas yang pembahasannya langsung menuju pada pengolahan table dalam Delphi atau aplikasi yang telah diterangkan pada tutorial sebelumnya, jadi saya sangat sarankan untuk mengetahui tutorial pembuatan databasenya KLIK DISINI,,,, setelah itu koneksi database Access ke Delphi KLIK DISINI,,,, mempelajari cara kerja ADO TABEL KILK DISINI,,,, Dan terakhir adalah memahami Query Di Delphi KLIK DISINI,,,,,, Report dari Tabel Sebagai contoh, kita akan membuat aplikasi yang dapat mencetak semua data yang ada dalam tabel MHS. Desain tampilan aplikasi tampak p...

REVIEW SINGKAT STORAGE KINGSTON DATA TRAVELER ELITE 3.0

Semakin Cepat dengan USB 3.0 Bagi sebagian orang, mungkin kecepat-an sebuah flash disk tidak terlalu penting. Namun, kecepatan dalam men-transfer data merupakan hal penting keti-ka Anda sedang terburu-buru. Saat ini, port USB 3.0 tidak hanya ada di hard disk saja, tetapi telah merambah ke media storage yang lebih kecil, yaitu flash disk. Oleh karena itu, Kingston yang telah lama bermain di sektor storage memenuhi kebutuhan Anda dengan flash disk USB 3.0. Kingston Data Traveller Elite 3.0 16 GB menggunakan material dari plastik yang kokoh. Flash disk ini menggunakan kombinasi warna abu-abu, putih, dan hitam. Untuk bagian statiknya, Kingston meng-gunakan warna putih dan hitam pada produknya ini, sedangkan untuk bagian yang dapat bergerak, Kingston menggunakan warna abu-abu. Karena mengguna-kan mekanisme geser, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan tutupnya. Karena menggunakan port USB 3.0, ke-cepatannya tidak perlu diragukan lagi. Pada pengujian Atto, flash disk...