Skip to main content

BAHAYA VIRUS DARI DALAM JARINGAN INTERNET


BAHAYA VIRUS DARI DALAM JARINGAN INTERNET PCGUE

Sekarang  ini,  kebanyakan  virus  menyebar yang  melalui  e-mail  dan  attachment e-mail.  Hacker  juga  menggunakan  gerbang masuk  lainnya.  Daftar  berikut ini menampilkan  beberapa  bahaya  terbesar saat menjelajahi di Internet.

ActiveX 

Adalah  teknologi  yang  dikem-bangkan  oleh  Microsoft untuk  menjalankan  program  di  dalam  website.  Pro-gram  akan  dijalankan  dari  browser  dan setelah  itu  akan  berjalan  terus  tanpa  ter-gantung  darinya.  ActiveX  merupakan bagian dari Windows, karena itu apa yang
boleh untuk Windows juga boleh untuk elemen  ActiveX. 

Elemen  ActiveX  memiliki akses potensial ke dalam RAM, file-system dan koneksi jaringan komputer, serta bisa mengaktifkan  fungsi  sistem  operasi. Sementara ini, dengan sertifikasi elemen ActiveX,  potensi  bahayanya  menjadi  sedikit berkurang. 

Namun, karena alasan kedekatannya dengan sistem operasi maka pengguna harus tetap berhati-hati. Oleh karena itu sebaiknya matikan ActiveX dalam  Internet Explorer  atau  ganti  browser Anda dengan Mozilla atau Opera.

Adware


Hampir sama dengan shareware. Sebagai  pengganti  biaya  registrasi,  Adware membiayai dirinya dengan tampilan iklan yang diambil dari Internet dan akan ditampilkan  di  komputer  pemakai.
Sayangnya,  program-program  Adware  juga memberikan data tentang PC pemakai kepada  perusahaaan  iklan  tersebut. 

Hal ini  tidak  dapat dihindari  dengan  konfigurasi keamanan browser. Cara yang dapat menolong  yaitu  dengan  menolak  Adware atau dengan memakai software "AdAware"  (www.lavasoft.de)  atau  "SpyBot -Search and Destroy" (www.safer-network-ing.org).

Blaster W32.

Blaster-Worm,  disebut juga MS-Blaster  karena  ia  bersarang  di  dalam komputer  dengan  nama  MSBLAST.EXE. Worm  memanfaatkan  kelemahan  Windows  NT,  2000,  dan  XP  untuk  menyebarkan  dirinya. 

Sebagai  salah  satu  virus yang mematikan, Blaster tidak tergantung pada  alat transportasi  asing,  melainkan dapat menyebarkan  dirinya  sendiri melalui  jaringan  mana  saja.  Blaster  akan mematikan  (shut down)  komputer  dan setelah  di-start ulang  akan  masuk  ke dalam  memori  melalui  perubahan  registry. 

Setelah  itu  dalam  interval  waktu tertentu  ia  akan  melakukan  serangan-serangan  terhadap  server  Windows  Up-date  dari  Microsoft di  Internet.  Microsoft menyediakan Windows-update yang akan menutup  celah  keamanan  ini.  Selain  itu, dari  produsen  program  antivirus  tersedia tool  yang  dapat digunakan  untuk  membersihkan  komputer  yang  terinfeksi  oleh Worm.

Browser-Hijacking 

Bagaimana  mengetahui  adanya  browser-hijacking  di  komputer  Anda?  Ini  dapat diketahui  ketika browser mengaktifkan halaman awal atau halaman  search  engine  yang  bukan  pilihan Anda. Biasanya cukup sulit untuk merestore  konfigurasi  browser  semula. 

Seringkali  ini  berkaitan  dengan  iklan  atau website  yang  berisikan  pornografi.  Browser-Hijacking  dilakukan  melalui  ActiveX atau  JavaScript.  Program-program  ini melakukan modifikasi pada registry untuk mengubah halaman awal browser.

Pencegahan  dapat dilakukan  dengan memasang  tool  anti-spyware  seperti  AdAware atau SpyBot.

Java

Java adalah salah satu bahasa pem-rograman  yang  dikembangkan  oleh  Sun. Ada  program  Java  yang  tidak  tergantung pada browser dan Java Applets yang hanya berjalan  di  dalam  browser. 

Selain  itu masih  ada  JavaScript yaitu  bahasa  script yang  dikembangkan oleh Netscape  yang juga  hanya  dapat dijalankan  di  dalam browser  saja.  Bahaya  terbesar  hadir  dari Java Applets.

Potensi bahayanya memang tidak  sebesar  yang  dimiliki  oleh  ActiveX karena  relatif  "jauh"  dari  sistem  operasi. Namun,  tetap  disarankan  untuk mematikan Java di konfigurasi keamanan browser.

Popular posts from this blog

REVIEW MOTHERBOARD JETWAY TI61M5

Motherboard untuk entertainment PC Dilengkapi dengan dua tembok perlindungan anti petir, Jetway TI61M8 hadir untuk kalangan perkantoran dan usaha kecil. Feature pengaman tersebut mengamankan network port dan chip LAN dari arus listrik berlebih. Sistem perlindungan tersebut bekerja dengan cara mengalihkan arus listrik berlebih ke ground wire. Dengan teknologi ini, Jetway TI61M8 mampu bertahan dari serangan petir hingga kekuatan 9000 volt. Jetway TI61M8 menggunakan chipset H61 yang menggunakan soket LGA 1155. Hal ini membuatnya mendukung penggunaan prosesor Sandy Bridge dan prosesor terbaru dari Intel, yaitu Ivy Bridge. Chipset H61 dikembangkan oleh Intel untuk tujuan multimedia dengan memanfaatkan keunggulan tampilan grafis Sandy Bridge, yaitu Intel HD 3000. Feature yang disematkan pada chipset H61 memang tidak selengkap chipset Z68, namun chipset tersebut sudah mencukupi kebutuhan perkantoran. Jetway TI61M8 mendukung penggunaan memory dengan clock hingga 1600

Program Deret Dengan Delphi

Membuat program untuk menampilkan deret aritmatika dan geometri sampai dengan suku tertentu. Didefinisikan deret aritmatika sbb:                       u i = u i-1 + b, dengan i = 1, 2, 3, ..., n                       b adalah beda antara suku Didefinisikan deret geometri sbb:                      u i = u i-1 * r, dengan i = 1, 2, 3, ..., n                      r adalah rasio antar suku Untuk deret aritmatika pertama-tama diketahui suku awal, b, dan n (jumlah suku). Sedangkan untuk deret geometri pertama-tama diketahui suku awal, r, dan n (jumlah suku). STEP ONE – DESAIN FORM Untuk membuat program tersebut menggunakan delphi , berikut ini adalah tampilan desain formnya. Desain form di atas menggunakan komponen Page Control dan TabSheet. Langkah-langkah untuk membuatnya: Dari form kosong, sisipkan komponen PAGE CONTROL (ada di dalam pallete WIN 32) dan atur lebar dan panjangnya. Untuk membuat TAB SHEET, caranya klik kanan pada PAGE CONTROL, pilih NEW PA

Komponen TAB ADDITIONAL Delphi (BitBtn)

Komponen TAB ADDITIONAL Delphi (BitBtn): Pada Kesempatan ini kita akan membahas penggunaan beberapa komponen yang terdapat di Tab Additional pada Komponen Palette . Seperti halnya pada Tab Standart yang menyediakan komponen komponen yang siap pakai, pada Tab Additional juga menyediakan komponen yang siap pakai, namun di Tab Additional, komponen-komponen yang ditampilkan lebih Variatif, sehingga lebih membebaskan kita untuk memilih dan menggunakan komponen yang dibutuhkan dalam sebuah program . Seperti gambar diatas yang menampilkan Tab Additional berisi banyak sekali komponen yang dapat digunakan baik yang berupa Visual maupun Non Visual .Untuk lebih memperjelas pengertian tentang penggunaan komponen-komponen yang terdapat pada Tab Additional berikut disajikan contoh program yang menggunakan komponen-komponen tersebut. Contoh Latihan Pada program yang pertama ini anda akan membuat sebuah program yang menampilkan bentuk-bentuk yang dapat dihasilkan oleh komponen BitBtn