Skip to main content

Cara Ampuh Melawan Virus

ampuh melawan virus 
 Ya Ampun…Komputer Saya Terkena Virus!

Benar! Setelah saya teliti, dengan saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.. ☺, komputer saya positif mengidap virus.

Apa yang harus saya lakukan?

Wah! ini dia, kita terbiasa kalang kabut dalam menangani masalah ini. Untuk menuntaskan masalah ini, coba hubungi para dokter virus instan yang dilantik dalam sehari hehehe … ☺ Dijamin akan kalangkabut juga mengatasinya. Menurut saya, virus itu masalah rumit dan kompleks dan pembuatnya juga rumit dan kompleks, bahkan pembuat AntiVirus pun juga rumit dan kompleks.

Ini seperti lingkaran setan! Jangan menggampangkan perkara dan asal ngomong, itu akan menyulutkan “kampak peperangan”! .. ☺
Untuk saya semua baik (dan memang seharusnya semua baik) karena memang hidup itu seharusnya begitu. Plus dan minus itu akan saling mengisi, bertentangan dan kukuh menjalankan tugas masing-masing. Sudah ah… ini kok malah ngelantur.

Baiklah kita kembali … setelah menjadi sok suci… ☺ Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi serangan virus, sebagai berikut.

Scan Komputer dengan AntiVirus yang Ada
Ini saran klasik yang memuakkan! Namun, memang harus dikatakan karena ini memang seperti suatu SISDUR standar. Scan computer dengan program AntiVirus yang biasa kita gunakan. Walau ini mungkin tindakan yang sia-sia .. ☺ tapi patut untuk dicoba. Jika beruntung, siapa tahu AntiVirus kita dapat mengatasi masalah yang kita hadapi. (Namun biasanya tidak!) Mengapa? Karena pada beberapa AntiVirus yang bagus (pro) biasanya akan diperlengkapi dengan program on access scannner. Program tersebut berguna untuk mendeteksi saat suatu file dijalankan. Apakah mengandung virus ataukah tidak. Jika filter on access ini gagal, dapat dipastikan bahwa proses scanning program utamanya pun akan gagal juga. Jadi, sia-sia bukan?

Ya… kebetulan, anggap saja kita telah melakukan scan dan ternyata AntiVirus tetap tidak menemukan virus. Apa yang harus dilakukan?

Lakukan Update AntiVirus

Lakukan update AntiVirus yang kita pakai. Baik secara offline dengan menginstal update via file dari CD atau flashdisk ataupun secara online via internet.

Meskipun tindakan ini sudah terlambat karena virus telanjur menyerang, namun tidak ada salahnya dicoba. Terkadang teknik seperti ini masih dapat membuahkan hasil. Seharusnya memang update kita lakukan sebelum virus menyerang, tapi apa boleh buat nasi sudah menjadi bubur. Komputer sudah telanjur terinfeksi. Ya… terpaksa tetap kita kerjakan. Jika sampai fase ini ternyata kita beruntung, virus terdeteksi dan berhasil dilumpuhkan, kita boleh bersyukur.

Namun, kebanyakan akan gagal. (Dari tadi rasanya kok bahasanya pesimis terus ya? ☺ Tidak! Ini tidak pesimis, tapi mengungkapkan kenyataan yang umum terjadi.) Mengapa? Karena virus biasanya akan melakukan proteksi dirinya sendiri dengan menggagalkan proses update atau menutup program AntiVirus yang kita pakai.

Bahkan jika perlu, jika pembuat virus kebanyakan main game “GOD OF WAR” .. ☺, tentu tanpa basa-basi virus akan menghapus program AntiVirus tersebut.

Ganti dengan Program AntiVirus Lainnya
Ya! Jika AntiVirus standar kita gagal berfungsi atau mendeteksi virus, mungkin ide yang baik, jika kita menginstal program AntiVirus lain yang kita miliki. Meskipun terdengar lucu untuk dilakukan, tapi terkadang dapat menyelesaikan masalah.

Pastikan kita telah mempunyai “stock” program AntiVirus buatan luar negeri yang cukup banyak dikenal. Tindakan ini bukannya untuk meleceh program AntiVirus lokal, tapi ini tindakan preventif untuk memastikan keamanan saja. Mungkin jika semula, misalnya, kita memakai McAffe, dapat kita ganti dengan AVG, atau Avira, atau ClamWin, atau program AntiVirus lainnya. Keluarkan semua AntiVirus luar negeri yang ada dan kita miliki, baik yang berbayar ataupun yang gratis. Terserah! yang ampuh melawan virus mungkin yang berbayar,,, hehee

Memakai Removal Tools
Jika tindakan scanning dengan AntiVirus standar manca negara, tidak dapat menyelesaikan masalah, saatnya melirik tool khusus removal virus.

Pada beberapa kasus, tool removal ini dapat mendeteksi dan mematikan virus yang ada di memory. Lalu melakukan proses perbaikan file yang bermasalah atau mungkin menghapus file yang
tidak dapat ditangani. Cari dan download sembarang removal tools yang ada dari internet.
Lalu jalankan saja satu demi satu. Ini terpaksa kita lakukan karena kita tidak tahu pasti virus apa yang sedang menyerang. Jikaberuntung, ada kemungkinan virus akan terdeteksi dan dimatikan.

Memakai Scan Online
Jika masih saja virus tidak dapat dideteksi secara scan normal danremoval tools, alternatif lain yang dapat dilakukan adalah memakai jasa scanning online. Cara ini adalah memanfaatkan scanning dari web via internet langsung ke komputer kita.

Banyak jasa scan online ini bertebaran di internet. Tujuan kita melakukan hal ini adalah untuk mencari tahu, virus apa yang sebenarnya sedang menyerang komputer kita. Jika beruntung, kita akan segera tahu virus apa yang sedang menyerang. Dengan mengetahui jenis yang menyerang, tindakan yang dapat dilakukan untuk mencari obatnya tentu saja akan jauhlebih mudah. Jika sudah diketahui jenisnya, kita dapat mencari penawarnya via searching google di internet.

Mencari AntiVirus Lokal
Jika dengan scan online masih saja tidak membuahkan hasil, saatnya mencari AntiVirus lokal. Virus yang menyerang mungkin buatan lokal dan mungkin varian baru sehingga AntiVirus luar belum dapat mendeteksinya. Banyak sekali AntiVirus lokal yang dapat dimanfaatkan. Kumpulkan sebanyak yang kita mau dan coba install dan jalankan. Siapa tahu virus malahan akan terdeteksi dengan mudah. … ☺ Aku cinta buatan dalam negeri lho…

Instal Ulang
Jika dengan semua yang sudah kita lakukan masih saja virus tidak mau hilang, mungkin pilihan terburuk harus kita lakukan. Kita harus melakukan instal ulang sistem operasi Windows. Ini adalah pilihan terakhir dan terburuk yang bisa kita lakukan. Jadi kita harus bener-benar menjaga komputer kita dari virus,,,

Popular posts from this blog

REVIEW MOTHERBOARD JETWAY TI61M5

Motherboard untuk entertainment PC Dilengkapi dengan dua tembok perlindungan anti petir, Jetway TI61M8 hadir untuk kalangan perkantoran dan usaha kecil. Feature pengaman tersebut mengamankan network port dan chip LAN dari arus listrik berlebih. Sistem perlindungan tersebut bekerja dengan cara mengalihkan arus listrik berlebih ke ground wire. Dengan teknologi ini, Jetway TI61M8 mampu bertahan dari serangan petir hingga kekuatan 9000 volt. Jetway TI61M8 menggunakan chipset H61 yang menggunakan soket LGA 1155. Hal ini membuatnya mendukung penggunaan prosesor Sandy Bridge dan prosesor terbaru dari Intel, yaitu Ivy Bridge. Chipset H61 dikembangkan oleh Intel untuk tujuan multimedia dengan memanfaatkan keunggulan tampilan grafis Sandy Bridge, yaitu Intel HD 3000. Feature yang disematkan pada chipset H61 memang tidak selengkap chipset Z68, namun chipset tersebut sudah mencukupi kebutuhan perkantoran. Jetway TI61M8 mendukung penggunaan memory dengan clock hingga 1600

Program Deret Dengan Delphi

Membuat program untuk menampilkan deret aritmatika dan geometri sampai dengan suku tertentu. Didefinisikan deret aritmatika sbb:                       u i = u i-1 + b, dengan i = 1, 2, 3, ..., n                       b adalah beda antara suku Didefinisikan deret geometri sbb:                      u i = u i-1 * r, dengan i = 1, 2, 3, ..., n                      r adalah rasio antar suku Untuk deret aritmatika pertama-tama diketahui suku awal, b, dan n (jumlah suku). Sedangkan untuk deret geometri pertama-tama diketahui suku awal, r, dan n (jumlah suku). STEP ONE – DESAIN FORM Untuk membuat program tersebut menggunakan delphi , berikut ini adalah tampilan desain formnya. Desain form di atas menggunakan komponen Page Control dan TabSheet. Langkah-langkah untuk membuatnya: Dari form kosong, sisipkan komponen PAGE CONTROL (ada di dalam pallete WIN 32) dan atur lebar dan panjangnya. Untuk membuat TAB SHEET, caranya klik kanan pada PAGE CONTROL, pilih NEW PA

Komponen TAB ADDITIONAL Delphi (BitBtn)

Komponen TAB ADDITIONAL Delphi (BitBtn): Pada Kesempatan ini kita akan membahas penggunaan beberapa komponen yang terdapat di Tab Additional pada Komponen Palette . Seperti halnya pada Tab Standart yang menyediakan komponen komponen yang siap pakai, pada Tab Additional juga menyediakan komponen yang siap pakai, namun di Tab Additional, komponen-komponen yang ditampilkan lebih Variatif, sehingga lebih membebaskan kita untuk memilih dan menggunakan komponen yang dibutuhkan dalam sebuah program . Seperti gambar diatas yang menampilkan Tab Additional berisi banyak sekali komponen yang dapat digunakan baik yang berupa Visual maupun Non Visual .Untuk lebih memperjelas pengertian tentang penggunaan komponen-komponen yang terdapat pada Tab Additional berikut disajikan contoh program yang menggunakan komponen-komponen tersebut. Contoh Latihan Pada program yang pertama ini anda akan membuat sebuah program yang menampilkan bentuk-bentuk yang dapat dihasilkan oleh komponen BitBtn