Skip to main content

Program Games Sederhana Delphi

Halo sahabat bringinfo , udah bosan bikin program dekstop atau hitung menghitung pake delphi??? Oke sekarang saatnya menyuguhka tutorial cara membuat program game sederhana menggunakan delphi,,,

Game ini sangat lucu atau cupu yaa?? langsung saja ke KTP eh salah ke TKP,,(heheheee). Game ini terdiri dari empat tombol jebakan, lho!! hati-hati yaaa,,, untuk lebih jelasnya lihat form dibawah ini untuk memulai bikin programnya,,,,

clip_image002

Dan seperti biasa dalam tutorial delphi di bringinfo ini hanya memberikan screenshot program dan listingnya,, jika sahabat ingin bertanya, silahkan berkomentar ria,,,,,, Dan listingnya,,,,,,

unit  untGames; 

interface 

uses 
... 

type 
TForm1 = class(TForm) 
... 
procedure  Selesai; 
procedure  btnStartClick(Sender: TObject); 
procedure  Timer1Timer(Sender: TObject); 
procedure  btn1Click(Sender: TObject); 
procedure  btn2Click(Sender: TObject); 
procedure  btn3Click(Sender: TObject); 
procedure  btn4Click(Sender: TObject); 
procedure  edtNameKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char); 
procedure  Timer2Timer(Sender: TObject); 
procedure  Timer3Timer(Sender: TObject); 
private 
{ Private declarations } 
public 
Tukar, Score, Tanya : Integer; 
Blink : Boolean; 
{ Public declarations } 
end; 

var 
Form1: TForm1; 

implementation 

{$R *.dfm} 

procedure  TForm1.Selesai; 
begin 
Timer1.Enabled := False; 
btn1.Enabled := False; 
btn2.Enabled := False; 
btn3.Enabled := False; 
btn4.Enabled := False; 

edtName.Enabled := True; 
edtName.SetFocus; 

lblClick.Visible := False; 
end; 

procedure  TForm1.btnStartClick(Sender: TObject); 
begin 
Score := 0; 
Tukar := 0; 

lblClick.Visible := True; 
lblClick.Left := 16; 
lblBravo.Caption := ''; 
lblBravo.Visible := False; 
edtName.Enabled := False; 
edtName.Clear; 

Timer1.Enabled := True; 
btn1.Enabled := True; 
btn2.Enabled := True; 
btn3.Enabled := True; 
btn4.Enabled := True; 
lblScore.Caption := '0'; 
end; 

procedure  TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject); 
var 
CapTmp : String; 
begin 
CapTmp := btn1.Caption; 
btn1.Caption := btn2.Caption; 
btn2.Caption := btn3.Caption; 
btn3.caption := btn4.Caption; 
btn4.Caption := CapTmp; 
Inc(Tukar); 

if Tukar > 16 then 
Selesai; 
end; 

procedure  TForm1.btn1Click(Sender: TObject); 
begin 
if btn1.Caption = 'x' then 
Score := Score + 10 
else 
Score := Score - 5; 

lblScore.Caption := IntToStr(Score); 
end; 

procedure  TForm1.btn2Click(Sender: TObject); 
begin 
if btn2.Caption = 'x' then 
Score := Score + 10 
else 
Score := Score - 5; 

lblScore.Caption := IntToStr(Score); 
end; 

procedure  TForm1.btn3Click(Sender: TObject); 
begin 
if btn3.Caption = 'x' then 
Score := Score + 10 
else 
Score := Score - 5; 

lblScore.Caption := IntToStr(Score); 
end; 

procedure  TForm1.btn4Click(Sender: TObject); 
begin 
if btn4.Caption = 'x' then 
Score := Score + 10 
else 
Score := Score - 5; 

lblScore.Caption := IntToStr(Score); 
end; 

procedure  TForm1.edtNameKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char); 
begin 
if Key = #13 then 
begin 
lblBravo.Visible := True; 
if Score >= 50 then 
lblBravo.Caption := 'Bravooo... ' + edtName.Text 
else 
lblBravo.Caption := 'Not Lucky ' + edtName.Text; 

btnStart.SetFocus; 
end; 
end; 

procedure  TForm1.Timer2Timer(Sender: TObject); 
begin 
Blink := not Blink; 
if Blink then 
lblBravo.Font.Color := clRed 
else 
lblBravo.Font.Color := clBlue; 
end; 

procedure  TForm1.Timer3Timer(Sender: TObject); 
begin 
if lblClick.Left <= 230 then 
lblClick.Left := lblClick.Left + 1 
else 
lblClick.Left := 0; 
end; 

procedure  TForm1.btnExitClick(Sender: TObject); 
begin 
Tanya := Application.MessageBox('Are You Sure To Quit From This Program?', 
'Confirmation', MB_YESNO + MB_ICONQUESTION); 
if Tanya = 6 then 
begin 
Application.MessageBox('Thanx  So  Much...  For  Using  This  Program',  'Byee. . 
Byee..', MB_OK + MB_ICONINFORMATION); 
Application.Terminate; 
end; 
end; 

end. 





Bagaimana tutorialnya??? semoga bermanfaat yaa,,,,  amiinnnn,,,,,, 

Popular posts from this blog

REVIEW MOTHERBOARD JETWAY TI61M5

Motherboard untuk entertainment PC Dilengkapi dengan dua tembok perlindungan anti petir, Jetway TI61M8 hadir untuk kalangan perkantoran dan usaha kecil. Feature pengaman tersebut mengamankan network port dan chip LAN dari arus listrik berlebih. Sistem perlindungan tersebut bekerja dengan cara mengalihkan arus listrik berlebih ke ground wire. Dengan teknologi ini, Jetway TI61M8 mampu bertahan dari serangan petir hingga kekuatan 9000 volt. Jetway TI61M8 menggunakan chipset H61 yang menggunakan soket LGA 1155. Hal ini membuatnya mendukung penggunaan prosesor Sandy Bridge dan prosesor terbaru dari Intel, yaitu Ivy Bridge. Chipset H61 dikembangkan oleh Intel untuk tujuan multimedia dengan memanfaatkan keunggulan tampilan grafis Sandy Bridge, yaitu Intel HD 3000. Feature yang disematkan pada chipset H61 memang tidak selengkap chipset Z68, namun chipset tersebut sudah mencukupi kebutuhan perkantoran. Jetway TI61M8 mendukung penggunaan memory dengan clock hingga 1600

Program Deret Dengan Delphi

Membuat program untuk menampilkan deret aritmatika dan geometri sampai dengan suku tertentu. Didefinisikan deret aritmatika sbb:                       u i = u i-1 + b, dengan i = 1, 2, 3, ..., n                       b adalah beda antara suku Didefinisikan deret geometri sbb:                      u i = u i-1 * r, dengan i = 1, 2, 3, ..., n                      r adalah rasio antar suku Untuk deret aritmatika pertama-tama diketahui suku awal, b, dan n (jumlah suku). Sedangkan untuk deret geometri pertama-tama diketahui suku awal, r, dan n (jumlah suku). STEP ONE – DESAIN FORM Untuk membuat program tersebut menggunakan delphi , berikut ini adalah tampilan desain formnya. Desain form di atas menggunakan komponen Page Control dan TabSheet. Langkah-langkah untuk membuatnya: Dari form kosong, sisipkan komponen PAGE CONTROL (ada di dalam pallete WIN 32) dan atur lebar dan panjangnya. Untuk membuat TAB SHEET, caranya klik kanan pada PAGE CONTROL, pilih NEW PA

Komponen TAB ADDITIONAL Delphi (BitBtn)

Komponen TAB ADDITIONAL Delphi (BitBtn): Pada Kesempatan ini kita akan membahas penggunaan beberapa komponen yang terdapat di Tab Additional pada Komponen Palette . Seperti halnya pada Tab Standart yang menyediakan komponen komponen yang siap pakai, pada Tab Additional juga menyediakan komponen yang siap pakai, namun di Tab Additional, komponen-komponen yang ditampilkan lebih Variatif, sehingga lebih membebaskan kita untuk memilih dan menggunakan komponen yang dibutuhkan dalam sebuah program . Seperti gambar diatas yang menampilkan Tab Additional berisi banyak sekali komponen yang dapat digunakan baik yang berupa Visual maupun Non Visual .Untuk lebih memperjelas pengertian tentang penggunaan komponen-komponen yang terdapat pada Tab Additional berikut disajikan contoh program yang menggunakan komponen-komponen tersebut. Contoh Latihan Pada program yang pertama ini anda akan membuat sebuah program yang menampilkan bentuk-bentuk yang dapat dihasilkan oleh komponen BitBtn