Skip to main content

Komponen di Delphi (Part 02)

Dalam tutorial sebelumnya yang berjudul “Komponen Di Delphi” dalam tutorial itu masih dalam tutorial IDE Delphi,, untuk melengkapinya disini akan dibahas mengenai komponen apa saja yang berada di delphi..

Untuk dapat membuat program aplikasi, programmer harus meletakkan komponen-komponen yang diambil dari component palatte serta mengatur tata letak komponen-komponen tersebut pada bagian form designer.

Meletakkan komponen pada form designer

Untuk meletakkan komponen pada form designer , klik sebuah komponen pada component palette , sebagai contoh pilih komponen Edit.

image

Kemudian klik pada bagian form designer , yaitu pada posisi dimana komponen tersebut akan diletakkan.

image

Setelah semua komponen diletakkan pada form, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah
mengganti properties dan events dari komponen-komponen yang telah diletakkan pada form designer .

Mengubah Properties komponen

Properti komponen yang telah diletakkan pada bagian form designer dapat diubah dengan menggunakan tab Properties pada jendela object inspector .

image

Mengubah komponen Event

Event dari komponen pada form designer dapat diubah dengan menggunakan tab events pada jendela object inspector guna menangani kejadian-kejadian dari suatu komponen.

image

Jenis-jenis komponen standar Delphi 7.

Komponen Fungsi
component delphi
Pointer
Pointer adalah komponen khusus dan terdapat disetiap tab dalam component  palatte. Komponen pointer adalah komponen select yang digunakan untuk memilih komponen dalam form designer.
component delphi[4]
Frames
Sebuah kontainer yang digunakan untuk menampung komponen frame dapat diletakkan dalam form atau frame-frame yang lain.
component delphi[8]
MainMenu
Komponen yang digunakan untuk membuat menu bar dan menu drop down. Komponen ini bersifat inv isible.
component[10]
PopUpMenu
Komponen yang digunakan untuk membuat menu popup yang akan muncul jika pemakai melakukan proses klik kanan. Komponen ini bersifat invisible.
clip_image002[12]
Label
Komponen ini hanya digunakan untuk menambahkan teks di dalam form
clip_image002[14]
Edit
Komponen yang digunakan untuk menerima satu baris teks yang merupakan data input pemakai.
Komponen ini juga dapat digunakan untuk menampilkan teks.
komponen delphi[16]
Memo
Komponen Memo dipakai untuk memasukkan atau menapilkan beberapa baris teks di dalam form.
component delphi
Button
Komponen yang dipakai untuk membuat button yang akan dipakai untuk memilih pilihan di dalam aplikasi. Jika mengklik komponen button tersebut maka suatu perintah atau kejadian akan dijalankan
component delphi[20]
CheckBox
Komponen yang digunakan untuk memilih atau membatalkan suatu pilihan, yaitu dengan cara mengklik komponen.
component delphi[22]
RadioButton
Komponen yang digunakan untuk memberikan sekelompok pilihan dan hanya ada satu pilihan yang dapat dipilih. Untuk memilih salah satu pilihan adalah dengan mengklik tombol pilihan yang diinginkan.
component delphi[24]
ListBox
Komponen yang digunakan untuk membuat sebuah daftar pilihan, dimana hanya ada satu pilihan yang dapat dipilih. Untuk mencari dan kemudian memilih salah satu pilihan yang terdapat di dalam daftar dapat menggunakan batang penggulung.
component delphi[26]
ComboBox
Komponen yang digunakan untuk membuat sebuah daftar pilihan, dimana hanya ada satu pilihan yang dapat dipilih. Untuk mencari dan kemudian memilih salah satu pilihan yang terdapat di dalam daftar dapat menggunakan mengklik tombol drop down
component delphi[28]
ScrollBar
Komponen ini mempunyai fungsi yang sama seperti batang penggulung yang terdapat dalam program-program berbasis Windows pada umumnya.
component delphi[30]
GroupBox
Sebuah kontainer yang dapat digunakan untuk mengelompokkan komponen-komponen lain seperti Radio Button, CheckBox dan komponen kontainer yang lain.
component delphi[32]
RadioGroup
Komponen ini merupakan komponen kombinasi dari GroupBox dan didesain untuk membuat sekelompok RadioButton.
component delphi[34]
Panel
Sebuah kontainer yang dapat digunakan untuk membuat StatusBar, ToolBar dan ToolPalette.
component delphi[36]
ActionList
Komponen yang berisi daftar action yang digunakan bersama-sama dengan komponen dan kontrol seperti item menu dan button.

Diatas adalah daftar komponen di Delphi beserta penjelasannya, karena komponen di delphi sangat banyak, apalagi belum yang terhidden jadi diatas adalah daftar komponen delphi yang perlu diketahui bagi pemula delphi,,

Jika ada pertanyaan silahkan berkomen,, karena ini adalah tutorial sambungan yang sebelumnya,, bagi yang belum membaca silahkan klik disini,,,,,,,

Popular posts from this blog

REVIEW MOTHERBOARD JETWAY TI61M5

Motherboard untuk entertainment PC Dilengkapi dengan dua tembok perlindungan anti petir, Jetway TI61M8 hadir untuk kalangan perkantoran dan usaha kecil. Feature pengaman tersebut mengamankan network port dan chip LAN dari arus listrik berlebih. Sistem perlindungan tersebut bekerja dengan cara mengalihkan arus listrik berlebih ke ground wire. Dengan teknologi ini, Jetway TI61M8 mampu bertahan dari serangan petir hingga kekuatan 9000 volt. Jetway TI61M8 menggunakan chipset H61 yang menggunakan soket LGA 1155. Hal ini membuatnya mendukung penggunaan prosesor Sandy Bridge dan prosesor terbaru dari Intel, yaitu Ivy Bridge. Chipset H61 dikembangkan oleh Intel untuk tujuan multimedia dengan memanfaatkan keunggulan tampilan grafis Sandy Bridge, yaitu Intel HD 3000. Feature yang disematkan pada chipset H61 memang tidak selengkap chipset Z68, namun chipset tersebut sudah mencukupi kebutuhan perkantoran. Jetway TI61M8 mendukung penggunaan memory dengan clock hingga 1600

Program Deret Dengan Delphi

Membuat program untuk menampilkan deret aritmatika dan geometri sampai dengan suku tertentu. Didefinisikan deret aritmatika sbb:                       u i = u i-1 + b, dengan i = 1, 2, 3, ..., n                       b adalah beda antara suku Didefinisikan deret geometri sbb:                      u i = u i-1 * r, dengan i = 1, 2, 3, ..., n                      r adalah rasio antar suku Untuk deret aritmatika pertama-tama diketahui suku awal, b, dan n (jumlah suku). Sedangkan untuk deret geometri pertama-tama diketahui suku awal, r, dan n (jumlah suku). STEP ONE – DESAIN FORM Untuk membuat program tersebut menggunakan delphi , berikut ini adalah tampilan desain formnya. Desain form di atas menggunakan komponen Page Control dan TabSheet. Langkah-langkah untuk membuatnya: Dari form kosong, sisipkan komponen PAGE CONTROL (ada di dalam pallete WIN 32) dan atur lebar dan panjangnya. Untuk membuat TAB SHEET, caranya klik kanan pada PAGE CONTROL, pilih NEW PA

Komponen TAB ADDITIONAL Delphi (BitBtn)

Komponen TAB ADDITIONAL Delphi (BitBtn): Pada Kesempatan ini kita akan membahas penggunaan beberapa komponen yang terdapat di Tab Additional pada Komponen Palette . Seperti halnya pada Tab Standart yang menyediakan komponen komponen yang siap pakai, pada Tab Additional juga menyediakan komponen yang siap pakai, namun di Tab Additional, komponen-komponen yang ditampilkan lebih Variatif, sehingga lebih membebaskan kita untuk memilih dan menggunakan komponen yang dibutuhkan dalam sebuah program . Seperti gambar diatas yang menampilkan Tab Additional berisi banyak sekali komponen yang dapat digunakan baik yang berupa Visual maupun Non Visual .Untuk lebih memperjelas pengertian tentang penggunaan komponen-komponen yang terdapat pada Tab Additional berikut disajikan contoh program yang menggunakan komponen-komponen tersebut. Contoh Latihan Pada program yang pertama ini anda akan membuat sebuah program yang menampilkan bentuk-bentuk yang dapat dihasilkan oleh komponen BitBtn